Es Selendang Mayang, Cuma 5 Ribu Tapi Gila Segarnya!

Jika kamu pernah belajar sejarah pastinya sudah tahukan jika Negara Indonesia kaya akan kebudayaan maupun alamnya? Bahkan jika kamu pelajari lebih dalam lagi, ternyata makanan dari setiap daerah yang ada di Negara ini selalu memiliki perbedaan, loh. Sebagai contohnya adalah es selendang mayang yang sudah eksis sejak dulu.

Es Selendang Mayang Minuman Khas Betawi

Suku Betawi adalah salah satu suku khas dari daerah Jakarta. Ternyata suku ini memiliki berbagai macam suguhan makanan maupun minuman yang begitu unik dan patut untuk dicoba. Salah satu yang paling legendaris yakni es selendang mayang.

Pemberian nama jajanan tersebut memang belum diketahui kebenarannya. Akan tetapi banyak orang menyebutkan bahwa nama tersebut berasal dari cerita rakyat si Jampang Mayang Sari. Pada masanya, orang yang dimaksud dalam cerita ini (Mayang Sari) disebut-sebut memiliki wajah yang cantik dan sering memakai selendang.

Keberadaan dari jajanan ini memang sudah ada sejak tahun 1900-an. Untuk mendapatkan jajanan ini, kamu hanya perlu berkunjung ke area sekitaran Kota Tua Jakarta. Suasana yang tercipta dari Kota Tua begitu klasik, ditambah lagi dengan menikmati es selendang mayang, hm.. benar-benar jadi momen terbaik!

Harga yang ditawarkan oleh penjualnya terbilang sangat terjangkau lho. Kamu cuma perlu bayar Rp. 5000 untuk bisa menikmati satu mangkok penuh hidangan es tersebut. Maka dari itu, wajib hukumnya bagi kamu jika berkunjung ke Jakarta untuk menikmati jajanan ini.  

Warna Kue Isian Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan salah satu jajanan khas dari Betawi yang didalamnya memiliki banyak warna. Bahkan, warna-warni pada es ini menjadi alasan utama kenapa disebut “selendang”. Warna kue isian es selendang mayang adalah terbuat dari bahan alami.

Bahan alami ini tentu sangat aman dan tidak membahayakan kesehatanmu. Bahkan es selendang mayang memiliki tekstur adonan yang begitu lembut. Cocok banget nih dinikmati oleh semua orang, anak-anak atau lansia juga bisa nih. Penasaran? Cobalah jajanan ini ketika mengunjungi kota Jakarta.

Bahan Khas untuk Membuat Es Selendang Mayang

Seperti pada penjelasan sebelumnya jika ciri khas yang dimiliki oleh jajanan ini terletak pada warnanya yang menyerupai warna selendang. Kuah santan dan kuah gula merah merupakan pilihan kuah yang bisa kamu pilih saat mencoba jajanan ini.

Mau menggunakan kuah santan ataupun kuah dari gula merah tidak masalah. Hal ini dikarenakan rasa dari kedua kuah tersebut sama-sama enak, pilih saja sesuai dengan seleramu. Bahkan, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah.

Kamu cukup mempersiapkan beberapa bahan dibawah ini untuk membuat kue yang ada di dalam jajanan tersebut:

  1. 100 gr tepung hunkwe
  2. Pasta pandan
  3. Pasta stroberi
  4. 50 gr tepung beras
  5. 900 ml air
  6. 100 ml santan instan
  7. 2 sdm gula pasir
  8. 1/2 sdt vanili (bisa diganti dengan pewarna alami)
  9. 1/2 sdt garam (bisa diganti dengan pewarna alami)

Kalau semua sudah siap, coba deh buat sendiri. Ini dia langkahnya:

  1. Langkah pertama kamu harus mencampurkan semua bahan kecuali pewarna dalam satu tempat yang sama.
  2. Selanjutnya kamu bisa memasaknya hingga ada tanda-tanda matang atau sampai keluar bunyi letupan.
  3. Jika sudah matang maka kamu bisa menyiapkan tiga buah mangkuk. Dimana dua mangkuk diisi dengan pewarna yang telah disiapkan. Sedangkan satu mangkuk yang tersisa tidak perlu diberikan pewarna apapun atau biarkan saja bersih.
  4. Tuang adonan yang sudah dimasak tadi kedalam masing-masing mangkuk yang telah disiapkan.
  5. Langkah terakhir adalah kamu cukup mendiamkan adonan tersebut hingga dingin. Jika sudah dingin kamu bisa memotong adonan kue jajanan tersebut.

Proses pembuatan kue dari jajanan khas Betawi tersebut sudah selesai. Selanjutnya kamu bisa membuat kuah santan maupun kuah dari gula merah. Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut ini.

  1. 100 gr santan bubuk
  2. 1/2 sdt garam
  3. 500 ml air
  4. 1 lembar daun pandan
  5. 10 sdm SKM

Jika semua bahan sudah ada maka kamu bisa mulai dengan mencampurkan semua bahan dan memasaknya. Jangan lupa mengaduk dengan merata sambil menunggu mendidih.

Selain santan berikut ini adalah bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kuah gula merah.

  1. 100 gr gula pasir
  2. 200 gr gula merah
  3. 200 gr air
  4. 3 lembar daun pandan

Bahan yang sudah disiapkan bisa kamu rebus menjadi satu. Tunggu rebusan kuah gula merah hingga mendidih. Kamu bisa menyaring kuah ini jika memang sudah mendidih. Jika semua keperluan bahan yang digunakan untuk membuat minuman tersebut sudah selesai, maka hal selanjutnya adalah menyajikan semua bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Kamu hanya perlu memasukkan potongan kue yang sudah dipersiapkan ke dalam mangkuk. Tuangkan kuah santan maupun kuah gula sesuai dengan seleramu. Agar terasa segar es selendang mayang disajikan dengan es batu. Proses penyajian pun selesai.

Kamu bisa menikmatinya bersama teman maupun keluarga. Selain itu minuman ini juga sangat cocok disajikan sebagai salah satu hidangan dikala hari raya lebaran. Apalagi dipadukan dengan berbagai macam kue khas lebaran. Perfect deh!

Minuman Khas Betawi yang Hampir Punah

Saat ini memang begitu mudah untuk menemukan jajanan khas Betawi ini di sekitaran Kota Tua Jakarta. Akan tetapi pamor jajanan tradisional ini akan tergerus dengan adanya penemuan baru yang lebih disukai anak muda jaman sekarang.

Lihat saja mereka yang berjualan es selendang mayang kebanyakan orang tua. Penerus penjual jajanan tersebut bisa dibilang semakin berkurang. Padahal harga yang ditawarkan dari jajanan tersebut tergolong terjangkau tanpa memberatkan sedikitpun.

Membeli jajanan tersebut adalah salah satu bentuk dukungan yang bisa kamu lakukan loh. Bahkan jika kamu memang merasa bisa menjualnya kenapa tidak dicoba?

Berikan sedikit sentuhan atau inovasi pada jajanan tersebut maka akan lebih mudah menarik minat anak jaman sekarang. Pastinya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kamu ketika menjual jajanan tersebut dengan berbagai sentuhan terbarunya. 

Nur Endah Puji Lestari

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *