9 Makanan Tradisional Indonesia, Lezat dan Bikin Ngiler!

Makanan tradisional  Indonesia adalah kuliner khas Indonesia yang penuh dengan cita rasa yang kuat dan beraneka ragam jenisnya, karena Indonesia memiliki banyak provinsi dan setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing.

Indonesia tidak hanya menyajikan keindahan alamnya, tetapi juga menyajikan berbagai macam makanan khas tradisionalnya.

Bagi kamu yang suka traveling ke luar kota atau mungkin bahkan luar pulau , belum lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi makanan tradisional Indonesia yang ada di daerah yang kamu kunjungi.

Makanan tradisional Indonesia memang banyak macamnya, namun hanya ada beberapa saja yang terkenal di Indonesia bahkan sampai luar negeri.

Simak penjelasan dibawah ini untuk tahu macam-macam makanan khas  Indonesia beserta asalnya dan makanan khas Indonesia yang mendunia.

Deretan Makanan Tradisional Indonesia yang Super Lezat

1. Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Betawi, gado-gado ini mulai populer pada abad ke-16.

Kalau kita lihat, gado-gado ini sekilas mirip dengan makanan khas Indonesia seperti pecel dan lotek, yang membedakan adalah racikan bumbu kacangnya.

Gado-gado ini biasa dijuluki dengan saladnya Indonesia, mengapa? Karena bahan-bahanya menggunakan berbagai macam sayuran yang

Rasa dari Gado-gado ini bermacam-macam, ada yang manis, pedas dan gurih. Makanan ini sangat mudah dijumpai di berbagai restoran, warung makan dan lain-lain.

2. Kue Serabi

Makanan tradisional Indonesia yang satu ini memang sudah sangat terkenal dan banyak peminatnya. Ada beberapa daerah mengklaim bahwa kue serabi ini makanan khas daerahnya.

Tetapi, kue serabi yang terkenal saat ini yaitu berasal dari Bandung, meskipun di daerah lain juga ada kue ini. Bahan-bahan untuk membuat kue ini yaitu tepung beras dicampur dengan santan.

Yang menarik dari kue serabi ini adalah cara memasaknya masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan dibakar diatas tungku dengan menggunakan wajan tanah liat.

Bentuk dari kue serabi ini yaitu bundar dan memiliki bintik-bintik atau lubang pada atasnya, sekilas memang agak mirip pancake tetapi ukuranya lebih kecil dan lebih tebal.

Kue serabi memiliki banyak varian rasa mulai dari coklat, keju, strawberry dan durian.

3. Karee Kameng

Makanan tradisional Indonesia yang satu ini berasal dari Aceh. Makanan ini sangat digemari masyarakat Aceh di berbagai perayaan.

Karee Kameng ini terbuat dari daging kambing yang dipampang di wajan yang besar yang dipanaskan, sekilas memang Karee Kameng ini mirip dengan “Gulai” karena kuah dari Karee Kameng ini berwarna kuning pekat.

Yang unik dari makanan ini adalah antara daging dan tulang dimasak bersamaan di dalam wajan dan meskipun terbuat dari daging kambing tetapi Karee Kameng ini tidak menimbulkan bau prengus sama sekali, melainkan aroma rempah-rempahnya yang sangat sempurna.

Penyajian Karee Kameng ini sering sekali dipadukan dengan daging kambing bakar, cabe rawit dan tak lupa nasi putih hangat.

4. Bika Ambon

Bika Ambon ini berasal dari Sumatera Utara, lebih tepatnya di daerah Ambon. Mungkin beberapa orang menggap Bika Ambon ini berasal dari Ambon, Maluku, ternyata anggapan itu salah besar.

Bika Ambon ini terinspirasi dari kue Melayu yang dibuat dengan modifikasi bahan pengembang, sehingga bisa menghasilkan rongga yang berbeda dari kue aslinya.

Makanan tradisional Indonesia yang satu ini terbuat dari tepung terigu, telur, santan, pandan wangi, gula dan lain-lain.

Jika kamu ingin menikmati makanan ini, kamu nggak usah jauh-jauh pergi ke Medan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah karena resep membuat kue ini sudah banyak di internet dan sosmed.

5. Kerak Telor

Siapa sih yang nggak tahu makanan tradisional Indonesia yang satu ini, pasti kebanyakan orang tahu makanan ini. Kerak telor ini berasal dari Jakarta (Betawi).

Kerak telor ini terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, cabe merah, jahe, kencur dan sebagainya.

Menurut informasi yang didapat, kerak telor sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, kerak telor ini diciptakan pertama kali oleh orang Betawi pada tahun 1970an .

Pada zaman dahulu makanan ini banyak dihidangkan pada saat acara pesta dan hajatan para pembesar kala itu dan seiring bergulirnya waktu kuliner-kuliner barat mulai menggeser keindahan kerak telor ini. Kerak Telor banyak ditemui di wilayah Kota Tua, Jakarta Barat.

Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Selain makanan tradisional Indonesia, ada juga loh makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Wow! Ini dia daftarnya:

1. Nasi Goreng

Meski bukan termasuk makanan tradisional Indonesia, namun ternyata nasi goreng telah masuk daftar makanan khas Indonesia. Makanan khas Indonesia ini memang sudah tak asing lagi ditelinga kita. Siapa sangka, makanan ini sudah terkenal sampai mancanegara.

Nasi Goreng saat ini berhasil menjadi icon Indonesia, nama nasi goreng ini sudah mendunia setelah mantan presiden Amerika Serikat “Barack Obama” mengatakan bahwa nasi goreng ini adalah makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia dan beliau juga beberapa kali mengatakan kalau makanan ini enak.

Pada acara “World Expo Shanghai China 2010” masakan nasi goreng ini berhasil menjadi suguhan yang paling menarik.

Ajang perlombaan bertaraf internasional ini ternyata mampu membawa nasi goreng menjadi semakin terkenal di dunia.

Nasi goreng yang dilengkapi dengan telur dadar dan sate ini mampu membuat pengunjung acara ini penasaran. Siapa sangka, dalam sehari makanan ini sedikitnya terjual hingga 700 porsi. 

2. Soto Ayam

Soto ayam tak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat tetapi juga tampilanya yang indah dan sangat menggiurkan. Tak hanya laris di Indonesia ternyata soto ayam ini juga banyak peminatnya di Jepang.

Dalam sebuah acara Festival makanan di Jepang yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ-Komsat Ibaraki, soto ayam ini menjadi favorit dan rupanya sudah menjadi menu langganan di acara ini.

Terbukti bahwa soto ayam dapat diterima baik oleh masyarakat Jepang dan menjadi makanan khas indonesia yang mendunia.

3. Sate Ayam

Makanan khas Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu Sate Ayam. Terkenal dengan sate ayam khas Madura ternyata makanan ini mampu menghipnotis masyarakat luar negeri.

Sebuah acara bazar pada tahun 2013 lalu yang diselenggarakan di China, membuktikan bahwa sate ayam menjadi makanan yang digemari oleh pengunjung acara tersebut. 

Kegiatan bazar ini tidak hanya menyajikan makanan khas indonesia tetapi juga ada dari berbagai negara lainya. 

Salah satu yang membuat bangga Indonesia adalah sate ayam ini bisa terjual habis oleh masyarakat sekitar. Tak hanya itu, sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia mampu bersaing dengan restoran termahal di New York Amerika.

Restoran Indonesia bernama “Satay Junction” ini mampu membuat daya tarik warga Amerika, tentunya bermodalkan menu andalannya yaitu sate ayam.

Meskipun restoran ini cukup kecil tetapi restoran ini selalu dipenuhi oleh warga Amerika yang menyukai masakan Asia terutama Indonesia.

4. Rendang

Tidak cuma sebagai makanan tradisional Indonesia, makanan khas Indonesia yang satu ini berasal dari Padang Sumatera Barat. Rendang sendiri terbuat dari daging dengan rasa yang pedas dan bumbu dari rendang ini menggunakan rempah-rempah asli dari Indonesia.

Rendang ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang kali dengan menggunakan santan kelapa. Memang makanan satu ini dikenal dengan proses masaknya yang sangat lama.

Karena memang butuh waktu berjam-jam agar bisa menghasilkan warna daging yang hitam pekat dan empuk.

Tetapi jangan salah, makanan ini pernah menjadi urutan pertama dari 50 makanan terlezat di dunia dalam versi “CNN INTERNASIONAL” pada tahun 2011 lalu. 

Rendang juga menjadi menu favorit sebuah hotel di  Jerman dalam acara “Festival Kuliner Masakan Asli Indonesia”, diadakannya acara ini yaitu untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia dan Jerman.

Maka dari itu rendang ini dinobatkan menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia dan juga sebagai makanan tradisional Indonesia yang patut dilestarikan. 

Menu mana nih yang jadi favorit kalian? Apapun itu, kita semua harus tetap bangga dan melestarikannya ya, jangan sampai menu-menu kuliner tradisional ini hilang dan kalah sama yang modern.

Nur Endah Puji Lestari

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *