7 Penginapan Murah di Jogja, Nggak Bikin Tekor!

Hai sobat petualang, mau ngetrip ke mana lagi nih kali ini? Mau ke salah satu tempat yang kaya budaya, hingga turis mancanegara pun dibuat terpesona? Iya, kota mana lagi kalau bukan kota Yogyakarta. Tak perlu khawatir tentang masalah penginapan. Sekarang ada banyak penginapan murah di Jogja yang bisa kamu gunakan.

Mengapa Memilih Kota Yogyakarta?

Pesona kota Yogyakarta memang sudah tidak diragukan lagi. Bukan hanya terkenal akan kebudayaannya, namun juga kaya akan tempat wisata. Berbagai candi dapat kamu temui di sekitar kota ini, termasuk dua candi yang sangat hits hingga para pelancong dari mancanegara pun berbondong-bondong mengunjunginya.

Hal ini tentu memiliki peluang yang besar bagi bisnis penginapan. Maka tak heran jika kamu dapat menemukan penginapan murah di Jogja dengan mudah. Rata-rata, penginapan dan hotel murah di Jogja tersebar di dekat tempat-tempat yang sering dikunjungi, sebut saja Malioboro, Alun-Alun Kidul, kawasan Candi Prambanan dan Borobudur.

1. Wisata Candi

Kalau kalian sudah stay dalam penginapan murah di Jogja, jangan lupa mampir di kawasan candi paling populer. Candi Borobudur dan Candi Prambanan merupakan dua candi terbesar yang ada di sekitar Yogyakarta. Dua candi ini tidak hanya kental akan kebudayaan hindu dan buddha. Konon legenda pembuatan dua candi ini juga sangat menarik.

penginapan murah di Jogja

2. Wisata Gua

Bagi kamu para petualang, mungkin wisata candi adalah hal yang kuno dan membosankan. Tapi jangan khawatir, kota Yogyakarta menyimpan banyak sekali keindahan pada setiap sudut dan sisi wilayahnya. Kamu bisa menjelajahi berbagai macam gua dengan keunikan dan keindahannya.

3. Wisata Tempat Bersejarah

Yogyakarta merupakan kota kumpulan tempat bersejarah, mulai dari sejarah kemerdekaan, sejarah kerajaan, hingga beberapa benteng bersejarah pun ada di sini. Yogyakarta merupakan satu-satunya kota istimewa yang pemerintahannya masih berjalan secara kesultanan. Tentu hal ini sangat menarik bukan?

4. Wisata Pantai

Kalau yang satu ini pasti kamu sudah tahu. Selain Bali, Yogyakarta juga terkenal akan pantai-pantainya. Kamu akan mendapati berjejeran pantai di sepanjang pesisir kidul, mulai dari pantai pasir putih, hingga pantai para nelayan. Jadi, kalau sudah nemu penginapan murah di Jogja, jangan lupa juga untuk main-main di pantai ya!

Bagaimana sobat petualang? Pasti pengen kan menjelajahi satu per satu pantai di Gunung Kidul? Salah satu hal yang paling menarik saat mengunjungi pantai Gunung Kidul adalah perjalanan sepanjang menuju pantai. Kalian akan naik turun perbukitan atau pegunungan, tentunya dengan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan.

5. Wisata Gudeg

Wisata gudeg adalah satu wisata yang hanya akan kamu temui di Jogja. Belum dapat dikatakan mengunjungi Jogja, jika kamu belum mencicipi gudeg. Makanan khas daerah ini rasanya sangat unik karena manis. Ini berbeda dengan gudeg di daerah lain yang rasanya cenderung asin.

Untuk mendapatkan gudeg, ada tempat khusus di mana kamu bisa mendapatkan berbagai macam varian gudeg. Tepatnya beberapa meter dari Alun-Alun Selatan. Dari situ kamu bisa masuk ke dalam gang wisata gudeg. Para penjual gudeg berbaris di sepanjang gang tersebut.

Gudeg tidak hanya terkenal akan kelezatannya. Dengan uang Rp 5.000,00 kamu sudah dapat mencicipi satu porsi makanan gudeg khas Jogja. Bagaimana sobat petualang? Sudah tak sabar untuk menjelajahi kota kraton ini kan? Pastikan kamu stay beberapa hari di penginapan murah di Jogja agar bisa kulineran dengan puas.

6. Wisata Pendidikan

Selain kota budaya, Yogyakarta merupakan kota pendidikan karena terdapat banyak universitas di sini. Selain itu, kamu juga akan menemukan banyak museum di kota ini, unik bukan? Sudah semakin tidak sabar lagi nih pengen ke Jogja.

Untuk menjelajahi semua tempat yang ada di Jogja, tentunya kamu tidak dapat menghabiskannya dengan satu hari saja. Kamu harus menginap beberapa hari. Ada berbagai penginapan murah di Jogja, termasuk hotel di dekat Malioboro.

Daftar Penginapan Murah Di Jogja

Deretan penginapan murah di Yogyakarta dapat kamu temui di berbagai tempat. Namun, karena murah, fasilitas yang ditawarkan pun seadanya.

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir karena fasilitas minimal yang terdapat pada hotel murah atau berbintang satu masih nyaman untuk ditinggali. Berikut daftar hotel murah yang ada di Yogyakarta, cocok buat kamu yang punya budget minim.

1. Hotel Parangtritis

Hotel parangtritis ini berada di lokasi yang cukup strategis, yaitu di dekat pantai Parangtritis. Bagi kamu yang ingin berhemat, tipe hotel ini sangat cocok menjadi penginapan murah di Jogja. Untuk menginap di hotel ini, kamu tidak perlu merogoh banyak uang.

Mengapa? karena hotel ini sangat murah. Dari uang Rp 100.000,00 yang kamu punya, kamu masih mendapatkan kembalian. Bagaimana? Sangat murah kan? Masalah kualitas fasilitas di dalam hotel ini masih standar, namun tetap nyaman tentunya.

Jumlah kamar di hotel ini ada sekitar 12 kamar yang tersebar dalam tiga lantai. Alamat hotel ini berada di Mancingan Parangtritis Kretek, kota Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan harga per malam sebesar Rp 97.058,00.

2. Artha Hostel

Artha hostel merupakan salah satu hostel atau penginapan murah di Jogja, tepatnya berada di wilayah Malioboro. Jarak dari hotel ini ke Malioboro hanya sekitar 0,68 kilometer, cukup dekat bukan? Kamu hanya cukup berjalan kaki dari hostel sambil menikmati pemandangan kota, sekaligus dapat berbelanja murah di Malioboro.

Jarak penginapan murah di Jogja ini juga cukup dekat dengan pasar tradisional. Bagi kamu yang ingin menikmati jajanan nusantara khas Jogja, tempat ini menjadi salah satu rekomendasi, yaitu pasar Beringharjo. Wilayah pasar Beringharjo cukup luas dan memanjang.

Kamar hotel yang ditawarkan oleh penginapan ini sangat murah, karena tidak lebih dari Rp 100.000. Dengan harga yang murah ini, kamu sudah mendapatkan fasilitas ranjang, AC, kamar mandi, air panas, dan free wifi. Hotel ini cocok banget untuk pasangan yang belum menikah karena kamu dapat menyewa 2 kamar.

Hotel ini berada di jalan Jlagran No.7C, tepatnya di desa Pringgokusuman Gedongtengen, Yogyakarta. Hotel ini memiliki lima kamar dengan tarif per kamar hanya Rp 99.000,00 saja. Bagi kamu yang berasal dari luar kota, hotel ini sangat cocok karena jarak dari bandara hanya 7,88 km.

3. Venezia Garden

Venezia garden adalah salah satu penginapan murah di Jogja yang terletak di dekat tempat wisata Taman Sari dan Keraton Yogyakarta. Penginapan di hotel ini terbilang sangat murah, padahal fasilitas yang diberikan cukup banyak, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, printer, lemari, kamar dengan model yang unik, AC, sekaligus wifi.

Bukan hanya itu, hotel bebas ini benar-benar memberikan kebebasan bagi pelanggannya karena di hotel tersebut disediakan kolam renang sekaligus pusat kebugaran. Wow, keren bukan? Dengan berbagai fasilitas ini, kamu hanya butuh mengeluarkan Rp 101.124 per malamnya.

Semua kamar di hotel ini terbebas dari asap rokok. Hotel ini beralamat di Jl Surami No.55, desa Mantrijeron, Bantul, Yogyakarta. Venezia Garden ini memiliki tujuh kamar yang luas dan nyaman, tentunya didukung dengan fasilitas yang beragam dan harga yang sangat terjangkau.

4. The Cabin Hotel Kapsul

Penginapan murah di Jogja ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bermalam di pusat kota dengan gemerlap malam yang indah. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yakni hanya kisaran Rp100.000,00.

The Cabin hotel kapsul ini terletak di wilayah yang cukup strategis, tepatnya 0,5 km dari pusat kota. Untuk membeli oleh-oleh khas Jogja pun sangat mudah, karena jarak hotel ini dari Bakpia Pathok begitu dekat.

Hotel ini menyediakan berbagai macam fasilitas, mulai dari kamar yang dilengkapi dengan AC, kamar bebas asap rokok, televisi, kipas angin, dan juga meja tulis. Cukup banyak bukan? kamu hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 133.059 untuk dapat menginap di hotel ini.

The Cabin Hotel menyediakan 19 kamar. Untuk dapat menginap di tempat ini, kamu bisa menuju ke lokasi Gandekan Lor No. 2, Malioboro, kota Yogyakarta. Strategis bukan? Malam harinya kamu dapat berjalan-jalan menikmati keindahan kota Yogyakarta.

5. Athaya Homestay

Athaya Homestay merupakan salah satu homestay yang berada di dekat wilayah Malioboro. Bagi kamu yang sedang berlibur bersama keluarga, homestay ini sangat cocok menjadi pilihan. Bukan hanya itu, bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama teman sekelas juga sangat cocok.

Hal tersebut karena homestay ini dapat menampung 10 orang, dengan fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat 4 kamar mandi air panas, 5 kamar tidur yang dilengkapi AC, televisi, dan dilengkapi dengan wifi gratis. Menarik kan, penginapan murah di Jogja yang satu ini?

Homestay ini berada di wilayah Jl. HOS Cokroaminoto, lebih tepatnya di belakang pabrik bakpia pathuk yang tak jauh dari pusat perbelanjaan Malioboro dan pasar Beringharjo. Untuk memesannya, kamu dapat menghubungi 08164222962.

6. Fajar Homestay

Fajar homestay merupakan homestay atau penginapan murah di Jogja, lokasinya tidak jauh dari kawasan Malioboro. Dari sini, kamu hanya perlu menempuh jarak 2 km untuk sampai ke pusat perbelanjaan Malioboro. Hotel ini berada di dekat Tugu Yogyakarta.

Namun, untuk menemukan homestay mewah ini, kamu terlebih dahulu harus masuk ke dalam gang. Tapi jangan khawatir, karena semua itu akan terbayarkan setelah kamu sampai di homestay ini. Homestay ini memiliki area parkir yang cukup luas dan tarif yang cukup murah.

Penginapan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang berlibur bersama keluarga inti atau sahabat karib, karena homestay ini dapat menampung 5 orang dengan fasilitas yang menarik. Mulai dari televisi, kamar mandi air panas, AC, dan 4 kamar tidur.

Untuk masuk dan menginap di sini, kamu hanya butuh uang Rp 400.000,00 untuk 5 orang. Wah, cocok banget kan? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menghubungi nomor 08112500206.

7. Pondok 71

Rekomendasi penginapan murah di Jogja yang terakhir yaitu Pondok 71. Penginapan ini berada di Jl. MT Haryono yang sangat strategis untuk menyambangi sejumlah tempat wisata di Yogyakarta. Beberapa tempat wisata tersebut yaitu Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Alun-Alun Kidul.

Penginapan dua lantai ini memiliki 15 kamar. Terdapat dua tipe kamar yang dapat kamu pilih, yakni Pondok Fan dan Pondok AC. Kedua tipe tersebut bisa digunakan untuk dua orang. Keduanya juga memiliki fasilitas televisi, dispenser, dan kamar mandi dalam.

Yang membedakan keduanya hanya perbedaan kipas angin dan AC. Harga per malam Pondok Fan adalah Rp 60.000,00, sedangkan Pondok AC bertarif Rp 100.000,00. Biaya tersebut termasuk sangat murah dengan fasilitas yang sudah oke dan lokasi yang strategis.

Nah, sobat petualang, kamu tak perlu bingung lagi mencari penginapan, karena ada banyak sekali penginapan murah di Jogja yang ada di sekitar Malioboro atau pun kawasan wisata lainnya. Tentunya dengan harga yang terjangkau, akan sangat cocok bagi kamu yang sedang menghemat biaya agar dapat menjelajahi wilayah nusantara. Tunggu apa lagi?  

Den Bagus

Traveller and Vidiographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *