5 Wisata Di Jogjakarta yang Wajib Dikunjungi, Asli Bikin Candu

Jogjakarta, tempat yang tepat untuk membuat kenangan manis tak terlupakan. Wisata di Jogjakarta amat beragam, mulai dari alam perbukitan sampai pesisir pantai bagai serpihan surga.

5 Wisata Di Jogjakarta Wajib Dikunjungi

Salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi ketika liburan di Jogjakarta adalah pantainya. Ada banyak sekali pilihan wisata di Jogjakarta menanti Kamu, mulai dari Parangtritis sampai pantai pasir putih menawan mata.

Namun sayangnya beberapa kawasan masih terkendala akses transportasi terbatas karena kondisi jalannya.

1. Pantai Watu Nene

Jika Kamu datang di hari biasa, maka pantai Watu Nene serasa pulau pribadi. Lokasinya yang masih tersembunyi membuat tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan.

Di hari libur, kebanyakan hanya masyarakat setempat saja yang datang. Tempat ini recommended banget buat Kamu yang butuh ketenangan.

Pantai Watu Nene diapit oleh tebing kokoh yang menjulang tinggi, cocok juga untuk kemah menghabiskan waktu bersama teman. Tiket masuk hanya 10.000 saja per orangnya, namun Kamu harus menyiapkan stamina untuk menuruni tebing agar bisa sampai ke pesisir pantainya.

2. Pantai Sedahan

Wisata di Jogjakarta selanjutnya nih, ada pantai yang kerap dijuluki sebagai surganya pelancong. Sedahan baru saja ramai diperbincangkan beberapa tahun belakang. Tak heran memang, karena tempatnya yang diapit dua tebing hijau berukuran sedang, airnya juga sangat jernih sekali membuat biota laut mudah dilihat.

Bahkan jika beruntung Kamu bisa berjumpa dengan penyu yang juga gemar mampir ke Pantai Sedahan. Jika datang di waktu yang tepat, tidak terlalu ramai, Kamu bisa sekalian berkemah untuk menyambut matahari tenggelam. Tiket masuknya hanya 5.000 saja per orangnya, murah banget kan?

3. Pantai Wedi Ombo

Salah satu wisata di Jogjakarta yang sudah tidak asing lagi ditelinga pelancong luar Jogja adalah Pantai Wedi Ombo. Suasana di sini juga sangat menyenangkan dengan gugusan karang mengelilingi kawasan pesisir. Hal paling terkenal dan menjadi ikonik dari Wedi Ombo adalah kolam alaminya.

Kamu bisa berendam di sana tanpa takut tersapu ombak, menghabiskan waktu sampai senja tiba. Walaupun begitu di masa-masa tertentu biasanya penduduk akan memperingatkan karena ombak sedang pasang. Untuk bisa sampai ke sini Kamu bisa lewat Pantai Siung dengan tarif 5.000 saja.

4. Pantai Timang

Pengalaman mendebarkan yang tidak akan di dapatkan di pantai-pantai lain, yakni menaiki kereta gantung sederhana menyeberang sampai ke Pulau Watu Panjang.

Atau bisa juga dengan berjalan di atas jembatan gantungnya. Pantai ini terletak di Kabupaten Wonosari, perjalanan cukup panjang dan melelahkan.

Wisata di Jogjakarta yang satu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya. Bahkan tidak ada pasir putih di dalamnya, namun birunya air laut dan deru ombak nikmat di dengar dari atas tebing. Berasa pengen tidur di sana deh! Nggak ada tiket masuk alias gratis, namun kalau naik kereta gantung Kamu bakal dikenakan tarif 150.000 rupiah.

5. Pantai Nglambor

Walaupun banyak sekali pantai pasir putih yang luas, banyak wisatawan justru lebih tertarik melirik ke wisata di Jogjakarta Pantai Nglambor. Deretan terumbu karang dan ikan-ikan cantik bahkan bisa dilihat dengan telanjang mata saja, namun lebih baik sewa peralatan snorkeling dengan tarif 50.000.

Kamu Juga bisa berfoto dalam air, dan langsung dicetak atau kirim file. Sayangnya karena lebih didominasi batu yang besar, Nglambor hanya memiliki pesisir pasir putih yang sempit. Tidak terlalu nyaman untuk bersantai, harus ke atas dulu. Tarif masuk hanya dipatok 5.000 saja.

5 Kuliner Malam Murah Ala Wisata Di Jogjakarta

Selain wisata alam yang menyenangkan, melakukan wisata di Jogjakarta tak lengkap rasanya jika tidak berburu kulinernya. Suasana malam kota gudeg tersebut rasanya terlalu sayang jika dilewatkan dan lebih memilih tidur. Ini dia rekomendasi tempat kuliner apa saja yang harus Kamu coba.

1. The House Of Raminten

Tempat makan ini menjadi salah satu wisata di Jogjakarta yang sudah terkenal di kalangan pelancong luar kota maupun turis mancanegara. Kesan mistis kental dan melekat pada tempat satu ini, namun ketika Kamu merasakan makanannya dan melihat langsung suasana di dalamnya, maka hal tersebut akan terpatahkan.

Pelayanan pramusaji yang ramah-ramah, makanan enak dan bervariasi dengan harga mulai 15.000 saja, akan membuat perjalanan di Jogja semakin lengkap. Salah satu cabang Raminten ada di Jl. Faridan M Noto No. 7, Kotabaru. Buka sampai larut malam, dengan sajian masakan Jawa Klasik.

2. Angkringan Kopi Jos Lek Man

Salah satu daya tarik yang ada di Jogja adalah suasana jalanan di malam harinya. Rasanya begitu asri dan menenangkan. Tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan tersebut bisa ada di angkringan kopi jos Lek Man. Dengan harga murah meriah, dompet tipis juga bisa makan sampai kenyang.

Seperti halnya angkringan kebanyakan, berbagai menu sate, nasi kucing atau nasi berukuran kecil tak lupa hidangan khususnya, yakni kopi jos yang diseduh dengan air panas kemudian dimasukkan bongkahan arang. Membuat cita rasa minuman satu ini berbeda dengan kopi pada umumnya.

3. Nasi Goreng Sapi

Masakan nusantara seperti nasi goreng yang harus Kamu rasakan ketika berkunjung ke Jogjakarta. Saat malam tiba salah satu tempat ramai ada di depan kantor notaris Jl. Atmosukarto No. 11 Kotabaru, Gondokusuman. Hanya dengan 16.000 saja nasi goreng dengan taburan daging sapi siap dihidangkan.

Saking larisnya, Kamu harus siap-siap kecewa jika datang terlambat atau terlalu larut malam, lebih baik datang ketika menjelang malam sekitar jam 6 sampai 7 malam, jika tidak ingin mengantri terlalu lama. Karena harganya yang murah dan rasanya nikmat Kamu wajib mampir ke sini setidaknya satu kali saja.

4. Sate Klathak

Sebagian dari masyarakat luar Jogja pasti sudah tidak asing dengan menu satu ini, namun bagi Kamu yang baru pertama kali berkunjung ke kota damai ini jangan lupa sempatkan berburu sate klathak. Salah satu paling terkenal ada di Pleret, Imogiri, Bantul. Sate ini memang khas dari Jogjakarta.

Dengan harga 20.000 rupiah saja Kamu sudah bisa menikmati seporsi sate klathak. Ukuran dan rasa dari sate ini memang berbeda dengan sate pada umumnya. Walaupun lebih besar namun teksturnya tetap empuk dan matang merata, disiram kuah gulai menjadi teman santap nasi putih hangat di malam hari.

5. Gudeg Pawon

Sebenarnya jika Kamu berkunjung ke kawasan UGM jalan Kaliurang pada siang hari, terdapat banyak tempat makan gudeg, namun saat malam hari, lebih banyak warung pinggir jalan atau emperan untuk menikmati gudeg. Tapi kalau Kamu susah memilih, Kamu bisa langsung menuju ke gudeg pawon saja.

Salah satunya ada di Jalan Janturan Umbulharjo, seporsi gudeg dengan daging ayam kampung biasanya dibandrol dengan harga 30 sampai 40 ribu. Daging empuk menyatu dengan bumbu gudeg membuahkan rasa otentik yang sulit dilupakan. Siap-siap antri ya jika berkunjung ke sini.

Wisata di Jogjakarta memang seperti tidak ada habisnya, waktu satu hari akan terasa kurang untuk eksplor hal-hal menarik yang ada di kota Keraton ini.

Makanan enak, suasana nyaman, serta warganya yang ramah-tamah membuat candu bagi siapapun dan akan selalu rindu untuk kembali ke Jogja.

Selain Jogja, kamu juga bisa coba kunjungi tempat lain, misalnya di Bandung, Magelang, atau Semarang.

Den Bagus

Traveller and Vidiographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *