Gunung Andong 1726 Mdpl, Trek Mulus Cocok untuk Pemula

Halo sobat petualang, di episode artikel kali ini aku bakal share ke kalian tentang Gunung Andong nih. Yuk simak!

Pasti nggak asing kan kalian sama nama gunung ini? Iya, karena gunung ini merupakan gunung favorit bagi pendaki pemula setelah Gunung Prau. Gunung ini sangat ramai di waktu weekend biasanya.

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 MDPL dan gunung ini tercatat belum pernah meletus sama sekali. Bentuk dari Gunung Andong sendiri yaitu seperti perisai. 

Mengapa bisa gunung ini menjadi gunung favorit bagi para pendaki pemula? iya, karena gunung ini memiliki trek yang cukup mudah dan ringan dibanding gunung-gunung lainya.

Untuk sampai ke puncak kalian hanya memakan waktu sekitar kurang lebih 2 jam. Nah kan jadi pengen kesitu ya.

Lokasi Gunung Andong

Jika pengen camping di Gunung Andong ini, kalian bisa menuju ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau kalau pengen lebih jelas kalian bisa menggunakan google maps. Rutenya gampang kok!

Rute Perjalanan Gunung Andong

Untuk kalian yang berasal dari Jabodetabek, kalian bisa menggunakan transportasi udara yaitu pesawat dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Bandara Adi Sumarmo Solo

Setelah itu, kalian bisa menggunakan transportasi darat berupa sewa mobil dengan harga kisaran 500.000 – 1.000.000 include bensin dan sopir ya. Jarak tempuhnya sekitar 56 km atau setara dengan 1 jam berkendara. 

Nah, Gunung Andong ini memiliki 6 basecamp sebagai titik awal jalur pendakian diantaranya:

  1. Basecamp Dusun Sawit
  2. Dusun Gogik
  3. Dusun Temu
  4. Dusun Kudusan
  5. Dusun Sekar Arum Kembangan.

Tetapi, basecamp favorit para pendaki Gunung Andong yaitu berangkat melalui Dusun Pendem dan pulang lewat Dusun Sawit.

Bagi para pengunjung, ada 2 pilihan nih, pilihan pertama yaitu untuk yang ingin camping, kalian bisa berangkat dari basecamp Dusun Pendem pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB dan tiba di camping ground sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, untuk yang tidak camping disarankan kalian berangkat pukul 03.00 WIB dini hari dan diperkirakan sampai di puncak gunung pukul 05.00 WIB dan tinggal menunggu momen yang paling ditunggu-tunggu yaitu matahari terbit atau sunrise. 

Keindahan Di atas Gunung Andong

Gunung ini memang dikenal dengan keindahannya yang sangat memukau, jika kalian sudah berada di puncak maka kalian akan melihat beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah.

Di sisi selatan kalian akan melihat gagahnya Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 MDPL dan dibelakangnya ada Gunung Merapi. Dilanjutkan di sebelah utara ada Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 MDPL dan di sisi timur ada Gunung Telomoyo.

Sementara itu di sebelah barat juga tidak kalah mempesona pemandangannya, terlihat ada dua gunung kembar di sebelah barat yaitu Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 MDPL dan Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.136 MDPL .

Gunung Andong walaupun tergolong gunung yang cukup rendah, tetapi  hampir tidak pernah membuat pengunjung kecewa karena keindahannya.

Maka dari itu Gunung Andong sangat ramai dikunjungi jika long weekend, terkadang ada juga pendaki yang tidak mendapat tempat untuk camping akibat terlalu ramai di puncak.

Gunung Andong ini memiliki 4 puncak yang berjejer dari arah timur ke barat yaitu Puncak Jiwa, Puncak Makam, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Tetapi puncak tertingginya yaitu Puncak Andong sedangkan Puncak Jiwa yaitu tempat untuk beristirahat dan camping ground.

Harga Tiket Masuk Gunung Andong

Jika kalian ingin mendaki ke gunung ini kalian bisa membayar tiket masuk yaitu hanya Rp. 10.000 per orang dan uang kebersihan sebesar Rp. 2.000 saja. Apabila kalian membawa motor kalian bisa membayar uang parkir  Rp. 2.000 saja per motor dan untuk mobil Rp. 5.000.

Bagi kalian yang tidak ingin camping di gunung ini tenang saja, di dekat gunung ini terdapat penginapan yang bisa kalian pakai jika membutuhkan. “Griya Sejahtera” namanya, tempat ini sangat direkomendasikan.

Konsep penginapan ini yaitu seperti rumah kayu dan bambu dan lokasinya berjarak sekitar 4 KM dari Dusun Pendem yaitu di Jalan Raya Kopeng-Magelang Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dengan harga sekitar Rp. 300.000 per malam.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Gunung Andong ini, yuk kesini! Ajaklah teman, keluarga, saudara atau pasangan kalian kesini yah!, biar suasana jadi ramai dan enjoy.

Menurut informasi yang aku dapat dari stories instagramnya Gunung Andong, ternyata gunung ini baru saja dibuka kembali untuk mendaki. So, tetap safety ya guys jika kesini dan pastikan tubuh kalian dalam keadaan sehat, pastinya tetap patuhi protokol kesehatan juga ya!

Apalagi ini mau tahun baru kan ya, pasti banyak nih yang sudah planning mau kesini wah, seru nih kayaknya yah tahun baru di atas gunung. Gimana, kalian tertarik nggak? Segera agendakan ya!

Den Bagus

Traveller and Vidiographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *