Gunung Prau Wonosobo Dieng, 2.565 mdpl yang Ampuh Bikin Pikiran Tenang

Halo sobat petualang, sudah bikin rencana mau liburan kemana lagi nih? Di kesempatan kali ini aku bakalan share lagi ke kalian tentang wisata alam Indonesia yang indah dan keren pastinya. Gunung Prau Wonosobo Dieng, siapa sih yang nggak tau gunung ini?

Pasti hampir dari kalangan remaja tau gunung ini kan ya. Gunung ini sangat ramai dikunjungi dikala weekend maupun tidak. Hal ini karena gunung ini memiliki medan yang cukup mudah dilalui jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya.

Gunung Prahu atau Gunung Prau terletak di puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Tingginya bisa sampai 2.565 mdpl, wah tinggi banget kan? Yups, kalau kemarin kalian udah liat wisata Candi Dieng, sekarang masukan Gunung Prau ke dalam list liburan kalian ya.

Gambaran Destinasi Gunung Prau Wonosobo Dieng

Hmm, mungkin kalian yang  sudah pernah mendaki ke gunung ini, pasti sudah tau dong seperti apa pemandangan diatas Gunung Prau Wonosobo Dieng ini, bakalan kaget dan kagum sih kalian kalau sudah disini. Nah sebelumnya, aku ceritain dulu nih ya.

Puncak Gunung Prau ini adalah padang rumput yang luas dan memanjang dari arah timur sampai ke barat. Saat kalian berada di puncak ini kalian akan berjumpa dengan Sabana dengan sedikit pepohonan dan bukit-bukit yang indah.

Tetapi, bagi kalian yang suka sunrise ataupun sunset gunung ini cocok banget untuk menikmati dua suasana tersebut, karena keindahan disini sangat memukau mata dan membuat kalian ngga mau pulang. Yuk kesini!

Jalur Pendakian Gunung Prau Wonosobo Dieng

Gunung Prau Wonosobo Dieng ini memiliki banyak jalur pendakian sobat, bagi kalian yang pengen mendaki ke gunung ini kalian bisa melewati salah satu jalur ini diantaranya:

1.     Jalur Patak Banteng

2.     Jalur Dieng

3.     Jalur Kalilembu

Gunung Prau ini mulai dibuka kembali tanggal 4 September 2020. Namun, karena situasi saat ini yang sedang pandemi kapasitas untuk pendakian Gunung Prau ini agak sedikit dibatasi guys.

Untuk jalur/basecamp Dieng dibatasi kuotanya pendakianya jadi 250 orang, Jalur Patak Banteng kuota pendakian jadi 600 orang, dan jalur Kalilembu kuotanya jadi 200 orang.

Para Pendaki biasanya akan memilih Jalur Patak Banteng jika ingin mendaki ke gunung ini, karena jalan ini terbilang mudah dan lebih cepat sampai dibanding jalur-jalur lainya.

Untuk kalian yang berada diluar Wonosobo diwajibkan membawa surat hasil dari Rapid Test minimal non reaktif, masker, handsanitizer dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan disini, karena kita adalah tamu ya sobat jadi harus mematuhi peraturan yang ada.

Registrasi Gunung Prau Wonosobo Dieng

Para pendaki biasanya sebelum naik akan melakukan registrasi dahulu di basecamp gunung. Nah, untuk Gunung Prau sendiri biaya untuk registrasi ini sekitar Rp. 25.000 per orang ya sobat.

Kalau mau mendaki ke Gunung ini pastikan kalian bawa barang-barang yang diperlukan saja ya sobat, jangan bawa barang-barang yang aneh-aneh, semisal miras, obat-obatan terlarang dan lain-lain.

Rute Perjalanan Menuju Gunung Prau

Jika kalian dari Jakarta dan pengen ke Gunung Prau Wonosobo Dieng, yang harus kalian lakukan pertama kali adalah rapid test terlebih dahulu, setelah dinyatakan non reaktif kalian bisa melakukan perjalanan dengan transportasi darat yaitu kereta.

Kamu bisa naik kereta dari Stasiun Pasar Senen dengan membeli tiket KA Bengawan dan nantinya turun di Stasiun Purwokerto.

Harga tiket KA Bengawan itu paling murah sekitar Rp. 70.000, tentunya jangan lupa pakai masker dan face shield ya dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada agar kesehatan kalian tetap terjaga sampai tujuan.

Sesampainya di Stasiun Purwokerto kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Shuttle Bus dengan arah tujuan ke Wonosobo.

Tenang saja guys, kalian nggak usah bingung cari Shuttle Bus ini kemana. Karena Shuttle Bus ini berada di Stasiun Purwokerto, jadi setelah turun dari kereta kalian bisa langsung naik Shuttle Bus ini.

Untuk harga tiket Shutle Bus ini sekitar Rp. 60.000. Nah, apabila sudah sampai ke Wonosobo kalian harus naik angkutan umum lagi dengan tujuan ke Dieng.

Harga tiket angkutan umum  ini sekitar Rp. 25.000 sekali jalan, kalian bisa turun di Kejajar untuk bisa sampai ke basecamp Wates, basecamp Patak Banteng, Kalilembu, Dieng, dan Basecamp igirmranak.

Nah, gimana nih guys, ada rencana mau kesini kah? Cocok nih untuk besok acara tahun baru wah pasti bakal seru nih, apalagi bersama orang tersayang duhhh.

Jika kalian ke Gunung Prau Wonosobo Dieng ini tetap harus ingat ya sobat, jangan buang sampah sembarangan, jangan memetik bunga edelweis, tutur kata kalian juga dijaga karena statusnya kita disini adalah tamu jadi kita harus sopan.

Den Bagus

Traveller and Vidiographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *