Pernah ke Wisata Candi Dieng 2000 mdpl? Beneran Berasa di Atas Awan, loh!

Kalau kamu ingin berwisata sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah, wilayah Dieng merupakan tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Disana ada banyak tempat wisata menarik yang dekat dengan alam, mulai dari wisata Candi Dieng, Bukit Sikunir, dan masih banyak lagi.

Candi Dieng dikenal sebagai candi di atas awan, karena memang letaknya berada di bukit yang tinggi dan hampir semuanya tertutup awan. Penasaran? Berikut merupakan informasi wajib yang harus kamu ketahui sebelum masuk dan menikmati indahnya komposisi candi yang ada disana.

Tentang Wisata Candi Dieng

Candi di wilayah Dieng ini merupakan kompleks candi yang berisi lima bangunan candi sekaligus, yakni Candi Arjuna, Srikandi, Puntadewa, Sambadra, dan Semar.

Semua nama candi tersebut merupakan nama pewayangan Jawa yang terkenal karena karakteristik tertentu. Kalau kamu ingin belajar sejarah candi ini lebih jauh, kamu bisa kunjungi Kepustakaan Candi.

Lokasi Wisata Candi Dieng

Lokasi candi ini terletak di Jawa Tengah, yakni di Dieng Kulon. Dieng Kulon sendiri termasuk dalam regional Kecamatan Banjarnegara, jadi cukup mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kamu akan menemukan struktur bangunan khas agama Hindu di abad ke-18 Masehi ketika mengunjungi candi di atas awan ini.

Tiket Masuk ke Candi Dieng

Harga tiket masuk ke Candi Dieng cukup terjangkau lho, kamu hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Dengan tiket tersebut, kamu bisa menelusuri lima bangunan candi yang ada dan melakukan selfie sepuasnya.

Menariknya, kamu bisa sekaligus masuk ke kawah Sikidang karena tiket tersebut memuat dua tempat wisata sekaligus. Lalu berkaitan dengan tarif kendaraan, harganya sama dengan tempat wisata lain pada umumnya.

Kira-kira kamu hanya perlu membayar sekitar 2000 sampai 5000 rupiah untuk kendaraan bermotor. Kendaraan tersebut akan dijaga dengan baik, sehingga kamu bisa berwisata tanpa rasa khawatir. Oh ya, siapkan juga uang untuk kebutuhan di toilet ya!

Rute Menuju Wisata Candi Dieng

Terdapat dua rute yang bisa kamu tempuh untuk mengunjungi candi ini, yakni melalui daerah Wonsobo dan Banjarnegara. Dibandingkan dengan jalur Banjarnegara, ada baiknya kamu menggunakan jalur Wonosobo saja karena kondisinya jalannya yang lebih baik.

1. Jalur Wonosobo

Untuk jalur Wonosobo menuju Candi Dieng, kamu bisa langsung menuju kota Wonosobo, kemudian menuju ke kawasan alun-alun kotanya. Dari sana, kamu bisa mengikuti Jalan Dieng ke arah utara, sampai menemukan kompleks pintu masu dari destinasi wisata tersebut.

2. Jalur Yogyakarta

Berbeda kalau kamu berangkat dari wilayah Yogyakarta, kamu bisa menuju daerah Magelang. Oh ya, di Magelang kamu bisa mampir juga di wisata Nepal Magelang, loh.

Setelah dari sana, kamu bisa dilanjutkan menuju wilayah Temanggung. Dari Temanggung, lanjutkan perjalananmu menuju Wonosobo, kemudian cari petunjuk jalan menuju ke kawasan Dieng.

3. Dari Jakarta

Kalau kamu datang dari Ibu Kota atau sekitarnya, kamu bisa lewat jalur Pantura (Pantai Utara Jawa) dan langsung menuju Brebes. Dari Brebes, kamu bisa ambil jalur ke Purwokerto dan langsung ke arah Wonosobo. Dari Wonosobo kamu bisa ke Dieng sesuai dengan penunjuk jalan yang tersedia.

Fasilitas yang Ditawarkan

Saat kamu berada di Candi Dieng, kamu tidak perlu khawatir, sebab di sana ada banyak fasilitas yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Diantaranya adalah tempat parkir yang luas, mushola atau tempat ibadah, warung makan dengan berbagai jenis makanan, serta kamar mandi umum untuk membersihkan diri.

Selain itu, jika kalian ingin menginap di kawasan Dieng, disana juga ada banyak home stay. Harga yang ditawarkan pun bergam, mulai yang paling murah hingga cukup mahal. Tentu saja ada harga ada kualitas, ya. Kalian bisa pilih home stay sesuai dengan kebutuhan.

Spot Foto Paling Keren

Bicara spot foto, sebenarnya hampir semua tempat di Dieng bisa dijadikan sebagai spot foto. Namun yang paling populer adalah foto di kawasan candi dan Bukit Sikunir. Oh ya, di Bukit Sikunir ini kamu bisa melihat sunrise dengan jelas, loh! Cantik sekali, kamu bisa foto-foto dengan puas disana.

Itulah informasi singkat mengenai Candi Dieng yang sebaiknya kamu ketahui sebelum berkunjung kesana. Kalau kamu kebetulan lewat di kawasan Dieng, coba sempatkan mampir dulu, deh.

Pemandangan alam yang indah dan eksotis serta pesona candinya yang menarik, mungkin saja tidak bisa kamu temukan di daerah lain.

Nur Endah Puji Lestari

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *