7 Makanan Khas Jakarta, Gila Sih Enak Banget!

Jika kamu berkunjung ke Jakarta tak ada salahnya loh untuk mencoba beberapa makanan khas Jakarta. Sebenarnya banyak banget sih rekomendasi makanan khas DKI Jakarta dengan citra rasa yang menarik, dijamin bikin nagih.

Rekomendasi Makanan Khas Jakarta

Perlu kamu tau nih, bahwa makanan khas Jakarta adalah makanan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Nah berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang wajib banget dicoba ketika kamu mengunjungi daerah Jakarta.

1. Kerak Telor

Bisa dibilang kerak telor adalah salah satu makanan khas Jakarta yang harus dan wajib banget nih kamu coba. Masalah rasa, yakin deh nggak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan sampai saat ini penjual dari kerak telor masih bertahan meski banyak saingan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerak telor ternyata mudah banget loh untuk didapatkan. Dimulai dari beras ketan, telur ayam maupun telur bebek, serundeng ebi, bawang goreng, hingga bumbu halus khas makanan ini.

Keunikan yang dimiliki oleh makanan ini terletak pada cara memasaknya. Ketika telur yang sudah dimasak sudah setengah matang biasanya akan balik ke arah arang hangat. Keadaan tersebut akan dibiarkan hingga telur menjadi kerak.

2. Sengkulun

Sengkulun merupakan salah satu makanan khas Betawi yang hampir punah. Bentuk yang dimiliki oleh makanan ini memang hampir menyerupai kue keranjang khas Cina. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh Cina pada makanan ini.

Jika kamu ingin membuatnya, bahan yang dibutuhkan ternyata mudah banget kok. Bahan yang sering digunakan diantaranya yakni tepung ketan dan gula merah. Keberadaan dari gula merah inilah yang membuat warna dari makanan ini menjadi berwarna coklat.

Agar rasa yang diciptakan begitu lezat sebaiknya kamu mencocol sengkulun dengan parutan kelapa. Dijamin rasa yang diciptakan tidak mengecewakan. Yuksss cobain!

3. Bubur Ase

Bubur ase adalah makanan khas Jakarta yang wajib kamu cobain ketika ke daerah Jakarta. Jika pada bubur lain lebih sering menggunakan kuah opor atau sejenisnya. Beda dengan ini, ternyata kuah yang digunakan pada bubur ase adalah kuah semur, hmm udah kebayang kan enaknya?

Didalam kuah semur tersebut kamu bisa dengan mudahnya menemukan irisan daging sapi yang dipadukan dengan irisan kentang. Tentunya akan lebih nikmat bila kamu menyantapnya dengan campuran teri Medan dan kacang tanah yang sudah goreng.

Tak hanya itu saja, ternyata kamu juga masih bisa menambahkan irisan daun kucai beserta bawang goreng. Kalau kamu berminat, kamu juga bisa lho mencampurkan asinan sayuran khas dari daerah Betawi. Dengan berbagai kombinasi bahan tersebut, pastilah untuk soal rasa tidak perlu diragukan kembali. Kamu tidak akan kecewa deh.

4. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk Betawi adalah salah satu makanan khas Jakarta yang sudah sangat populer. Walaupun memang saat ini sudah banyak penjual di daerah lain yang menjajakan makanan ini. Hal ini dikarenakan proses pembuatan nasi ini terbilang cukup mudah.

Biasanya nasi yang digunakan akan dimasak dengan sistem aron. Ketika proses tersebut berlangsung kamu bisa menambahkan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Jika semua bahan tersebut sudah tercampur selanjutnya kamu bisa mengukusnya.

Soal rasa, nasi uduk bisanya akan terasa lebih gurih daripada nasi biasa. Selain itu aroma yang akan kamu hirup akan sedikit berbeda. Kamu pun bisa loh mengkombinasikan nasi uduk dengan beberapa lauk lainnya. Bisa dicampur dengan ayam goreng, sambal dan daun kemangi.

5. Semur Jengkol

Siapa sih yang enggak kenal dengan semur jengkol? Ya, hidangan ini merupakan makanan khas Jakarta yang terkenal akan baunya. Maka tak jarang beberapa orang tidak begitu menyukai makanan ini dikarenakan bau yang menyengat tersebut.

Adanya campuran rempah-rempah yang dipadukan dengan berbagai bumbu bisa membuat jengkol terasa begitu nikmat untuk kamu coba. Akan lebih nikmat lagi kalau kamu menikmatinya dengan nasi putih maupun dengan nasi uduk hangat, hmm jadi lapar ya?

6. Roti Buaya

Siapa sih yang nggak kenal dengan roti buaya. Makanan khas Jakarta ini memanglah memiliki peran penting dalam acara pernikahan. Biasanya roti ini diberikan oleh pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita. Baik di acara pernikahan maupun tunangan.

Dibalik adanya roti buaya ini ternyata memiliki makna tersendiri lho. Roti buaya dapat diartikan sebagai lambang kesetiaan. Hal ini memang dipercayai oleh masyarakat Betawi secara turun- menurun.

Tapi sekarang, kamu nggak harus nikah dulu baru bisa makan roti ini. Saat ini kamu bisa dengan mudahnya menyantap roti ini kok. Pasalnya banyak sekali penjual yang menjajakan roti ini sebagai salah satu hidangan yang mereka miliki.

7. Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu kue yang bisa dengan mudah kamu temukan dipasar tradisional maupun toko kue. Bahkan kamu juga bisa lho menemukan roti ini di acara adat seperti pernikahan dan potong rambut bayi (aqiqah).

Memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut, dan rasa renyah, tak heran jika makanan khas Jakarta satu ini memiliki banyak sekali peminat hingga saat ini. Kalau kamu menemukan kue ini cobain aja pastinya nggak mengecewakan kok.

Minuman Khas Betawi

Kalau cuma makanan khas Jakarta saja yang dicoba ketika berkunjung ke Jakarta, rasanya masih kurang deh. Kamu juga harus banget nih nyobain minuman khas Betawi biar lebih afdol. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi minuman khas daerah Betawi.

1. Es Selendang Mayang

Minuman yang pertama adalah es selendang mayang. Bisa dibilang keberadaan dari minuman ini semakin lama semakin punah. Hal ini dikarenakan kalah pamor dengan minuman yang baru-baru ini populer.

Dengan melihat hal tersebut maka kamu wajib banget nih nyobain minuman ini ketika berkunjung ke Jakarta sebelum minuman ini benar-benar punah. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu memberatkan kok. Bisanya untuk satu porsi minuman ini dihargai 5 sampai 10 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau bukan

3. Bir Pletok

Walaupun memiliki nama bir pletok ternyata minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Bahkan di dalam minuman ini tidak ada campuran alkohol sama sekali. Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman ini ternyata dari campuran rempah-rempah.

Harga satu botol bir pletok dihargai sebesar 10 hingga 20 ribu. Harga yang begitu terjangkau dengan khasiat yang menyehatkan bukan. Maka dari itu tunggu apalagi, buruan cobain!

4. Es Doger

Es doger adalah salah satu minuman khas daerah Betawi yang sudah tersebar di berbagai penjuru negara ini. Untuk rasa yang diberikan memanglah sama. Selain menyegarkan ternyata dengan mengkonsumsi minuman ini bisa mengenyangkan perut kamu loh.

Harga dari es doger biasanya dibandrol seharga 5 sampai 10 ribu untuk satu porsinya. Terjangkau banget kan.

Nah itu tadi merupakan beberapa rekomendasi makanan khas Jakarta beserta rekomendasi minumannya. Kamu bisa banget loh untuk memasukkan ke dalam list kuliner yang akan kamu coba ketika sampai di daerah Jakarta. Buruan cobain deh, dijamin nggak bakal nyesel.

PETUALANG MUDA

Nur Endah Puji Lestari

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *