Pantai Pidakan Pacitan, 1001 Bebatuan yang Menakjubkan

Pantai Pidakan Pacitan, pantai ini berada di Pacitan Jawa Timur. Pantai pidakan ini menjadi salah satu pantai yang sangat ramai dikunjungi setelah Pantai Klayar dan Pantai Ngandul. Kenapa begitu?

Karena memang pantai ini berbeda dari yang lain, kalau pantai pada umumnya biasanya identik dengan hamparan pasir putih yang luas. Nah, kalau Pantai Pidakan ini hampir 70% berisi bebatuan alam dari berbagai jenis ukuran dan pasir putih itu hanya sisanya.

Lokasi Pantai Pidakan Pacitan

Untuk alamat lengkap Pantai Pidakan sendiri yaitu berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ya, memang sih cukup jauh dari pusat kota Surabaya, Malang, Jogjakarta, Semarang, atau wilayah lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pidakan Pacitan

Harga tiket masuk di Pantai Pidakan ini sangat murah, kalian cukup mengeluarkan uang Rp. 8.000 saja per orang dan uang parkir sekitar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Asli ini irit banget kan?

Rute Perjalanan

Jika kamu dari pusat Kota Pacitan yang ingin berkunjung kesini, jarak yang akan kalian tempuh kurang lebih 30 KM. Akses menuju pantai ini pun sangat mudah, kamu bisa melewati jalur lintas selatan atau biasa orang menyebutnya JLS.

Pantai Pidakan Pacitan bisa diakses untuk roda 2 maupun roda 4, dikarenakan jalanan yang lumayan sempit maka jalur menuju pantai ini dibuat satu arah saja.

Untuk para pengunjung yang menggunakan transportasi bus atau roda 6 bisa memarkirkannya di bahu jalan raya dan berjalan menuju Pantai Pidakan yang berjarak kurang lebih 300 meter saja.

Banyak Spot Foto Keren

Siapa sih yang nggak pengen mengabadikan momen disini? Pasti semua pengen kan ya, hehe. Tenang saja sobat, Pantai Pidakan ini memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable pastinya.

Tak jarang jika pantai ini menjadi langganan para fotografer untuk melakukan pemotretan disini, seperti foto prewedding dan lain-lain.

Terlebih jika kalian kesini waktu sunrise atau sunset, maka akan lebih indah pemandangan di pantai ini. Yuk, agendakan kesini!

Fasilitas di Pantai Pidakan Pacitan

Tenang saja sobat, pantai ini memiliki fasilitas yang memadai. Di Pantai Pidakan ini terdapat kamar mandi umum, mushola, tempat parkir dan warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Saat air laut sedang surut, kamu akan melihat beberapa warga sekitar yang sedang mencari kerang di bebatuan pinggir pantai.

Kebersihan disini juga sangat dijaga, maka dari itu jika kalian berkunjung kesini jangan membuang sampah sembarangan ya! Kita harus menjaga keindahan pantai ini agar tetap bersih.

Oh iya, for your information sobat, di pantai ini kalian dilarang berenang ya, hal ini karena ombak di sana sangat besar, dan tentu saja ini demi keamanan bersama. Bagaimana nih, tertarik untuk kesini?

Kekurangan Pantai Pidakan Pacitan

Meski punya daya tarik yang cukup banyak, tapi sayangnya pantai ini belum memiliki semacam homestay atau penginapan agar para pengunjung yang datang dari jauh bisa menginap di sekitaran pantai ini.

Setiap musim liburan, pasti pantai ini dipadati para pengunjung. Ada yang datang bersama keluarga, saudara, teman atau bahkan pasangan. Maka dari itu tak heran jika Pantai Pidakan ini menjadi salah satu pantai terpopuler di Pacitan.

Suasana di Pantai Pidakan Pacitan ini pun sangat sejuk, jelas saja sih karena disana banyak pepohonan yang berbaris rapi di bibir pantai. Oh iya buat kalian yang ingin mengadakan sesi pemotretan di pantai ini, lebih baik datangnya saat weekdays saja ya agar bisa lebih tenang dan menikmati suasana. 

Kalau datang saat weekend, sudah pasti ramai banget, dan kalian justru nggak bisa fokus pemotretan. Jika kalian beruntung, maka kalian akan melihat bintang laut dan biota alam lainnya seperti bulu babi, landak laut, bahkan ada kepiting bakau dan masih banyak lainnya.

Pantai Pidakan ini memang sebelumnya sempat ditutup karena covid-19 pada bulan Maret 2020 atau sekitar 4 bulan tutup, dan dibuka kembali pada tanggal 27 Juli 2020.

Tapi tetap ya guys jika kesini jangan lupa bawa masker, handsanitizer, dan selalu mencuci tangan. Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan yang ada karena mengingat kondisi saat ini yang sedang pandemi covid-19.

Den Bagus

Traveller and Vidiographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *