Backpacker Adalah Solusi Irit untuk Wisata! Ini Dia 4 Tipsnya

Backpacker adalah salah satu kegiatan yang belakangan ini sering dilakukan oleh setiap orang. Wajar sih, pasalnya bisa melakukan suatu perjalanan ke tempat wisata tanpa mengeluarkan akomodasi biaya yang besar, merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, benar kan?

Pengertian Backpacker

Perlu kalian tahu nih, orang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat, bisa digolongkan menjadi dua tipe yaitu tipe backpacker dan tipe flashpacker. Sebenarnya tujuannya sama saja sih, tapi ada sedikit perbedaan dari kedua tipe tersebut.

Kebanyakan orang memberikan arti backpacker adalah kepada mereka yang melakukan sebuah perjalanan, tapi mereka belum memiliki penghasilan.

Beberapa dari mereka adalah seorang mahasiswa atau bahkan pekajar. Maka jelas donk, bacpacker mengutamakan budget yang murah.

Sedangkan untuk flashpacker adalah, mereka yang melakukan suatu perjalanan ke sebuah tempat, akan tetapi mereka sudah memiliki penghasilan tetap.

Mereka yang menjadi flashpacker tidak begitu mempermasalahkan akan pengeluaran biaya. Nah sekarang kamu tahu kan perbedaan dari kedua tipe perjalanan tersebut, lantas kamu termasuk tipe perjalanan yang mana nih?

Tips Perjalanan Ala Backpacker Jogja

Menjadi backpacker adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam perjalanan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Agar bisa melakukan perjalanan ala backpacker tidaklah semudah menjadi flashpacker.

Banyak hal yang harus kamu persiapkan dalam suatu perencanaan perjalanan. Nah berikut ini merupakan beberapa tips perjalanan ala backpacker Jogja yang memang sudah sangat populer di kalanganpara petualang

1. Cari Promo

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat berbagai promo yang berlaku. Hal ini begitu penting sekali loh untuk dilakukan. Dengan adanya promo yang berlaku, tentunya kamu akan lebih mudah untuk menghemat akomodasi keuangan.

Sebagai contoh nih, ketika kamu melakukan perjalanan ke Jogja sebaiknya gunakan moda transportasi seperti kereta api. Yups, harga tiket kereta api memang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga transportasi lain seperti pesawat.

2. Cari Info Penginapan

Kalau kamu memang ingin melakukan sebuah perjalan sebagai backpacker, maka kamu memerlukan berbagai macam hal informasi. Pilih destinasi wisata yang memiliki harga tiket yang terjangkau alias murah.

Salah satu wisata paling murah yaitu destinasi alam. Harga tiket masuk destinasi alam terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan destinasi lain. Selain memiliki pesonanya yang begitu menyegarkan, ternyata wisata alam menyimpan banyak hal yang bisa kamu explore.

Agar keuangan tidak terbebani lebih banyak lagi, sebaiknya kamu mencari informasi terkait harga penginapan atau tempat makan yang murah. Kamu bisa bandingkan harga sebelum memutuskan untuk menggunakan tempat tersebut.

Syukur-syukur nih kamu bisa melakukan sistem penawaran harga, alhasil kamu akan mendapatkan harga dibawah rata-rata. Kalau berhasil, wah dijamin deh budget kamu bisa super irit. Tapi tetap bisa explore alam dengan puas.

3. Ikut Komunitas Backpacker

Didunia ini tidak hanya kamu loh yang memutuskan menjadi seorang backpacker dalam melakukan sebuah perjalanan.  Karena banyaknya backpacker yang tersebar di berbagai penjuru, maka kamu bisa mengikuti komunitas perkumpulan para backpacker. Asli ini bakalan asik banget!

Di dalam komunitas tersebut biasanya backpacker Indonesia yang telah melakukan perjalanan akan membagikan suatu cerita petualangan yang sudah dilakukan. Kalau kamu ikut gabung, pasti bakalan dapat berbagai informasi penting seperti harga tiket wisata dan juga harga penginapan.

Bahkan, kamu juga bisa dapetin rekomendasi tempat makan yang murah tapi tetap enak. Ketika kamu mengikuti komunitas backpacker, maka informasi yang akan kamu dapatkan bisa dibilang merupakan paket komplit banget.

4. Siap Fisik dan Mental

Memutuskan menjadibackpacker memang harus rela untuk lebih capek. Bahkan apa yang akan kamu rasakan dan lihat tidak semudah seperti video perjalanan yang tersebar di internet. Kamu dituntut untuk melakukan berbagai cara untuk bisa meminimalisir pengeluaran.

Jadi jika memang kamu memutuskan menjadi seorang backpacker, tentunya kamu harus rela repot dan lebih banyak capek dibandingkan menjadi flashpacker. Ya iya lah ya, karena kan memang tujuan utamanya biar bisa irit uang, hihi.

3 Tempat Wisata Seru Ala Backpacker Malang

Nggak cuma Jogja, di Malang juga punya loh komunitas backpacker dan tempat wisata yang keren. Malang adalah salah satu kota yang bisa kamu kunjungi untuk perjalanan wisatamu. Berkunjung ke daerah Malang nggak harus dengan uang yang banyak, kok.

Banyak sekali rekomendasi tempat wisata yang sangat cocok bagi backpacker seperti kamu. Nah, berikut ini adalah 3 rekomendasi tempat wisata Malang ala backpacker Malang.

1. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari merupakan destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi jika pergi ke kota Malang. Tidak kalah dengan puncak Bogor, ternyata Kebun Teh Wonosari juga memiliki suasana yang begitu sejuk ditambah dengan hamparan luas dari kebun teh.

Letak dari Kebun Teh Wonosarijuga nggak begitu begitu jauh kok dari pusat kota Malang, yaitu sekitar 30 km. Alamat pastinya ada di kaki Gunung Arjuno, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tiket yang dibutuhkan untuk bisa memasuki area kebun Teh Wonosari juga murah banget. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 8.000 sebagai biaya tiket masuk. Uwh, nggak sampai 10 ribu kan?

2. Sumber Sirah

Sumber Sirah juga merupakan suatu destinasi wisata mata air yang bisa kamu masukkan ke dalam list perjalanan backpacker. Terletak di perbatasan Kecamatan Kepanjen Utara, Bululawang, dan Kecamatan Gondanglegi membuatnya mudah untuk ditemukan, dijamin nggak akan nyasar.

Mata air Sumber Sirah begitu cantik untuk dijadikan tempat foto. Jika kamu cari di media sosial seperti Instagram, maka akan terlihat kecantikan dari destinasi wisata ini. Awas, bikin mupeng banget loh!

Harga tiket yang ditawarkan begitu terjangkau loh! Harga tiket anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000 per orangnya. Sedangkan untuk harga tiket untuk orang dewasa akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 3.000. Wah gila sih ini, murah banget.

3. Sumber Maron              

Rekomendasi destinasi wisata yang terakhir adalah Sumber Maron. Lokasi dari Sumber Maron terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur. River tubing adalah salah satu fasilitas yang ada didalam Sumber Maron.

Harga yang dipatok untuk tiket masuk terbilang super irit. Rp. 3.000 merupakan harga tiket untuk orang dewasa, sedangkan untuk harga tiket anak-anak adalah sebesar Rp. 2.000.

Nah penjelasan diatas merupakan beberapa rekomendasi destinasi tempat wisata kota Malang yang bisa kamu kunjungi. Semua destinasi wisata tersebut beneran murah kan? Sangat cocok bagi backpacker seperti kamu.

Tips Mencari Penginapan Murah Ala Backpacker Bali

Melakukan perjalanan ke daerah baru seperti Bali memang membutuhkan beberapa persiapan. Kalau memang kamu adalah tipe petualang “ngirit” alias backpacker, sebaiknya cari informasi dulu tentang penginapan di sekitaran daerah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencari penginapan murah ala backpacker Bali.

  1. Tips yang pertama adalah kamu bisa menggunakan situs booking penginapan online. Biasanya pada situs tersebut akan tertera harga, alamat, dan berbagai hal lainnya seperti promo yang diberikan.
  2. Menggunakan waktu off season adalah pilihan paling tepat. Pasalnya pihak penginapan akan memberikan potongan harga ketika off season tiba.
  3. Menggunakan homestay maupun hostel adalah pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan fasilitas yang diberikan terbilang cukup mumpuni walaupun dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika backpacker adalah jalan yang kamu pilih, maka kamu harus benar-benar siap secara mental dan fisik ya! Jika perlu nih, kamu bisa olahraga dulu sebelum berpetualang keliling kota. Biar nggak kaget kan? Hihi.

Nur Endah Puji Lestari

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *